15-9-2018 S1 MANAJEMEN STIE MUHAMMADIYAH CILACAP
Abstract
RINGKASAN Septika Wahyu Utami, Program Studi Mananjemen-Program Sarjana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Cilacap, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Yos Soedarso Sidareja Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan didampingi dosen Pembimbing I, Muslim Fikri, SE, M.Si dan Pembimbing II, Mustabihatun Umriyah SEI, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar (X1), disiplin belajar (X2) dan lingkungan sekolah (X3) terhadap prestasi belajar (Y) siswa kelas XI pada program keahlian akuntansi di SMK Yos Soedarso Sidareja tahun pelajaran 2017/2018. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh bahwa Motivasi Belajar tidak berpengaruh secara positif, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung Motivasi Belajar sebesar 0,507 sedangkan Disiplin Belajar tidak berpengaruh secara positif, hal ini ditunjukan dengan nilai thitung Disiplin Belajar sebesar -0,352 dan Lingkungan Sekolah berpengaruh secara positif terhadap Prestasi Belajar sebesar 3,607 dengan nilai ttabel sebesar 1,993. Kesimpulan penelitian ini, berdasarkan hasil penelitian variabel paling dominan mempengaruhi prestasi belajar yaitu lingkungan sekolah dengan koefisien sebesar 0,391. Nilai koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,838. Hal ini berarti motivasi belajar, disiplin belajar dan lingkungan sekolah memiliki kontribusi sebesar 16,2% terhadap prestasi belajar, sedangkan 83,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Kata kunci : motivasi belajar, disiplin belajar, lingkungan sekolah, prestasi belajar