PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Bhina Raharja Majenang)
WIDODO
15-9-2018 S1 MANAJEMEN STIE MUHAMMADIYAH CILACAP

Abstract

ABSTRAKSI Widodo, 2018 Program Studi Manajemen–Strata 1, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Cilacap, Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah pada KSP Bhina Raharja Majenang. Pembimbing (1) Zamroni, SE, M.Si, Pembimbing (2) Muslim Fikri, SE, M.Si. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis secara parsial pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah, menganalisis secara bersama-sama pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah, dan menganalisis variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah pada KSP Bhina Raharja Majenang. Sampel yang digunakan adalah sampel populasi yaitu sebanyak 90 orang. Instrument penelitian menggunakan kuesioner yang disusun dalam skala 1- 5, skor 1 untuk tanggapan sangat tidak setuju dan skor 5 untuk tanggapan sangat setuju. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis berganda. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) Variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. (2) Variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. (3) Variabel kualitas layanan dan kepercayaan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah pada KSP Bhina Raharja Majenang, maka digunakan analisis regresi linier berganda. Untuk menguji pengaruh secara simultan digunakan Uji F dengan derajat kebebasan (df)=k dan (n-k-2) dengan tingkat keyakinan 5% (α=0,05). Berdasarkan hasil Uji T variabel kualitas layanan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 6,191>1,990 hipotesis diterima. Variabel kepercayaan diperoleh nilai thitung Ftabel yaitu 19,277>3,110 hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian ini, berdasarkan hasil penelitian variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah adalah kualitas layanan dengan koefisien beta sebesar 0,628 lebih besar dibandingkan dengan kepercayaan sebesar 0,257. Nilai koefisien deteminasi adjusted Rsquare sebesar 30,7 %. variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas layanan dan kepercayaan sedangkan 69,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Kata kunci : Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah.



Contact

For more information, please send email to : info@stiemuhcilacap.ac.id