FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN (TRUST) KONSUMEN PADA PENGGUNAAN INTERNET BANKING (Studi Kasus pada Nasabah Bank di Kabupaten Cilacap
SUMINI
15-9-2018 S1 AKUNTANSI STIE MUHAMMADIYAH CILACAP

Abstract

RINGKASAN Sumini, Program Studi Akuntansi Program Sarjana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Cilacap. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan (Trust) Konsumen pada Penggunaan Internet Banking (Studi Kasus pada Nasabah Bank di Kabupaten Cilacap). Pembimbing I : Fuji Windya Sari, SE, M.Si, Ak, Pembimbing II : Kristani Rahman, SE, M.Ak Internet banking mulai muncul sebagai salah satu servis dari Bank. Berkenaan dengan hal tersebut maka penyedia jasa internet banking perlu membangun kepercayaan nasabahnya. Kepercayaan akan berhubungan dengan sikap dan merupakan faktor yang tepat untuk meramalkan perilaku pembelian. Faktor yang mempengaruhi kepercayaan (trust) adalah shared value, communication, dan opportunistic behaviour control. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh shared value, communication, dan opportunistic behaviour control, secara bersama-sama terhadap kepercayaan (trust) konsumen pada penggunaan internet banking pada Bank di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini termasuk dalam penelitian survei. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap 80 responden nasabah internet banking di wilayah Kabupaten Cilacap. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shared value berpengaruh terhadap kepercayaan (trust) konsumen terhadap internet banking, ditunjukkan dari nilai thitung untuk variabel shared value sebesar 2,128 dan p sebesar 0,037. Communication tidak berpengaruh terhadap kepercayaan (trust) konsumen terhadap internet banking, ditunjukkan dari nilai t-hitung untuk variabel communication sebesar 1,497 dan p sebesar 0,139. opportunistic behaviour control berpengaruh terhadap kepercayaan (trust) konsumen terhadap internet banking, ditunjukkan dari nilai t-hitung untuk variabel OBC sebesar 2,855 dan p sebesar 0,006. shared value, communication, dan opportunistic behaviour control secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepercayaan (trust) konsumen terhadap internet banking, ditunjukkan dari nilai F-hitung sebesar 4,575 dan p sebesar 0,005. Kata Kunci : Shared value, communication, opportunistic behaviour control, kepercayaan (trust), internet banking SUMMARY Sumini, Accounting Study Program for Undergraduate Programs, Muhammadiyah College of Economics, Cilacap. Factors Affecting Consumer Trust in the Use of Internet Banking (Case Study on Bank Customers in Cilacap Regency). Advisor I: Fuji Windya Sari, SE, M.Sc., Ak, Advisor II: Kristanti Rahman, SE, M.Ak Internet banking began to appear as one of the services of the Bank. In this regard, internet banking service providers need to build their customers' trust. Trust will relate to attitude and is the right factor to predict purchasing behavior. Factors that influence trust (trust) are shared value, communication, and opportunistic behavior control. The purpose of this study is to analyze the effect of shared value, communication, and opportunistic behavior control, jointly on consumer trust in the use of internet banking at banks in Cilacap Regency. This research is included in survey research. Data collection in this study was conducted using a questionnaire on 80 respondents of internet banking customers in the Cilacap. Regency. Data analysis is done by multiple linear regression. The results showed that shared value has an effect on consumers' trust in internet banking, shown from the t-count value for shared value variables of 2.128 and p of 0.037. Communication does not affect consumer trust in internet banking, indicated by the t-count value for communication variables of 1.497 and p of 0.139. opportunistic behavior control affects consumer trust in internet banking, as indicated by the t-count value for the OBC variable of 2.855 and p for 0.006. shared value, communication, and opportunistic behavioral control together influence consumer trust in internet banking, indicated by F-count values of 4.575 and p by 0.005. Keywords: Shared value, communication, opportunistic behavior control, trust, internet banking


Documents

skripsi.pdf


Contact

For more information, please send email to : info@stiemuhcilacap.ac.id