15-9-2016 S1 MANAJEMEN STIE MUHAMMADIYAH CILACAP
Abstract
RINGKASAN Sekarang ini terjadi banyak persaingan untuk meraih pendapatan ataupun keuntungan, dalam hal ini pendapatan margin pada pembiyaan murbahah. Dan masyarakat pun belum tahu tentang perbedaan antara sistem syariah dan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan margin pada pembiayaan murabahah di BMT Al Mujahidin Cilacap Kantor Cabang Lebeng. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan margin pada pembiayaan murabahah yaitu, kualitas marketing (X1), lama pinjaman (X2), dan besarnya pinjaman (X3). Setelah diketahui beberapa faktor tersebut, kita teliti faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan margin pada pembiayaan murabahah di BMT Al Mujahidin Cilacap Kantor Cabang Lebeng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pembiayaan murabahah di BMT Al Mujahidin Cilacap Kantor Cabang Lebeng. Sampel yang diambil sebanyak 41 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = -2922925 - 125133 X1 + 105762 X2 + 0,636669 X3 variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variable lama pinjaman (105762), diikuti variabel besarnya pinjaman (0,636669). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen (lama pinjaman) berpengaruh positif terhadap pendapatan margin pembiayaan murabahah di BMT Al Mujahidin Cilacap. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) kualitas marketing (X1), lama pinjaman (X2), dan besar pinjaman (X3) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan margin pada Pembiayaan Murabahah di BMT Al Mujahidin Cilacap Kantor Cabang Lebeng. Artinya bahwa dari ketiga variable tersebut tidak dapat di pisahkan, sehingga saling berkaitan dan nantinya menimbulkan pendaptan margin yang baik pada pembiyaan murabahah di BMT Al mujahidin Cilacap. Implikasi, BMT Al Mujahidin Cilacap Kantor Cabang Lebeng harus lebih memperhatikan faktor lama pinjaman karena hal ini yang sangat berpengaruh terhadap pendapatan margin pada pembiayaan murabahah, upaya yang dilakukan yaitu dengan pendekatan kepada nasabah dan menawarkan pinjaman dengan sistim lama pinjaman yang maksimal. Kata Kunci : Pembiayaan, Murabahah, Marketing, Pendapatan, Margin.