PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA SMARTPHONE ANDROID SAMSUNG DI KENCANA JAYA CILACAP
MARIAM DONA
10-9-2016 S1 MANAJEMEN STIE MUHAMMADIYAH CILACAP

Abstract

RINGKASAN Mariam Dona Irjawanti, Program Studi Manajemen-Program Sarjana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Cilacap, Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Android Samsung Di Kencana Jaya Cilacap. Komunikasi adalah bagian dari hidup manusia. Tanpa komunikasi tidak akan ada peradaban di dunia. Tidak akan ada interaksi. Tidak akan ada kehidupan bisnis jual beli. Menurut Tjiptono (2008:24) kunci utama untuk memenangkan persaingan bisnis adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melalui produk dan jasa berkualitas dengan harga bersaing. Salah satu upaya untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan adalah dengan memberikan citra merek yang baik dan kualitas produk yang baik kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen smartphone android samsung di kencana jaya cilacap : citra merek (X1) dan kualitas produk (X2), dengan variabel dependen yaitu kepuasan konsumen smartphone android samsung di kencana jaya cilacap. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden konsumen yang ditemui di konter kencana jaya cilacap. Untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling nonprobability sampling sedangkan untuk tekniknya menggunakan sampling Convenience sampling. Untuk mengetahui besarnya pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen digunakan analisis regresi linear berganda. Untuk menguji pengaruh secara keseluruhan digunakan uji F dengan derajat kebebasan (dƒ)= k dan (n-k-2) dengan tingkat keyakinan 95% (α =0,05). Untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji T dengan derajat kebebasan (dƒ)=k dan (nk-2) dengan tingkat keyakinan 95% (α =0,05). Berdasarkan hasil uji T diperoleh nilai t hitung variabel citra merek thitung sebesar 2,680 > 1,676 hipotesis diterima. Variabel Kualitas Produk nilai thitung sebesar 1,845 > 1,676 dengan demikian hipotesis diterima. Hasil analisis yang dilakukan diperoleh nilai F hitung lebih besar dari F tabel Fhitung 6,825 > 3,19. Kesimpulan penelitian ini, berdasarkan hasil penelitian variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu citra merek dengan koefisien sebesar 2,680. Nilai koefisien determinasi adjusted R Square sebesar 0,192. Hal ini berarti 38,4 % variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel citra merek dan kualitas produk sedangakan 61,6 % dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : citra merek, kualitas produk, kepuasan konsumen SUMMARY Mariam Dona Irjawanti, Program-Management Studies Graduate Program, College of Economics Cilacap Muhammadiyah, Influence Brand And Product Quality Customer Satisfaction Samsung Android Smartphone In Kencana Jaya Cilacap. Communication is a part of human life. Without communication there would be no civilization in the world. There will be no interaction. There will be no life buying and selling businesses. According Tjiptono (2008: 24) the main key to winning business competition is delivering value and satisfaction to customers through quality products and services at competitive prices. One effort to give satisfaction to customers is to provide a good brand image and good product quality to consumers. This study aims to determine the effect of brand image and product quality to customer satisfaction samsung android smartphone on kencana jaya cilacap: brand image (X1) and product quality (X2), the dependent variable is the samsung android smartphone customer satisfaction in kencana jaya cilacap. In this study used a sample of 50 consumer respondents who met at the counter cilacap victorious chariot. For sampling in this study using a sampling method nonprobability sampling while using sampling Convenience sampling technique. To determine the influence of brand image and product quality to customer satisfaction used multiple linear regression analysis. To test the effect of the overall F test with degrees of freedom (dƒ) = k and (n-k-2) with a 95% confidence level (α = 0.05). To determine the effect of partially used T test with degrees of freedom (dƒ) = k and (n-k-2) with a 95% confidence level (α = 0.05). Based on test results obtained by value t T brand image variable of 2.680> 1.676 hypothesis is accepted. Variable Product Quality t value of 1.845> 1.676 so the hypothesis is accepted. The results of the analysis carried out values obtained F count larger than F table F count 6.825> 3.19. The conclusion of this study, based on research results of the most dominant variable affecting consumer satisfaction is the brand image with a coefficient of 2.680. The coefficient of determination adjusted R Square of 0.192. This means that 38.4% variable customer satisfaction can be explained by the variable of brand image and product quality, while 61.6% is explained by other variables outside the study. Keywords: brand image, product quality, customer satisfaction


Documents

merged.pdf


Contact

For more information, please send email to : info@stiemuhcilacap.ac.id