10-9-2016 S1 MANAJEMEN STIE MUHAMMADIYAH CILACAP
Abstract
RINGKASAN Disaat globalisasi saat ini, yang berdampak makin banyaknya perusahaan otomotif yang tumbuh subur di Indonesia, maka dari itu tentunya konsumen akan lebih selektif dalam menentukan merek sepeda motor yang akan dibeli, banyak pertimbangan yang dilakukan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk misalnya, kualitas produk, harga, dan iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu citra merek dan periklanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Honda. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Adipala. Sampel yang diambil sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y =3,053 + 0,005X1 + 0,815 X2 variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variable periklanan (0,815), diikuti variabel citra merek (0,005). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen (periklanan) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kecamatan Adipala. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa variabel independen (citra merek dan periklanan) berpengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kecamatan Adipala. Artinya menurut konsumen, kedua variabel independen tersebut dianggap penting ketika akan membeli sepeda motor Honda di Kecamatan Adipala. Implikasi, Dealer Sepeda Motor Honda harus lebih memperhatikan faktor periklanan karena hal ini yang sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda, upaya yang dilakukan dengan pemasangan iklan yang lebih banyak lagi. Kata Kunci : Citra Merek, Periklanan, Keputusan Pembelian. Globalisasi, Perusahaan Otomotif. vii SUMMARY In the time of globalization, impacting this outomotive company that thrives in Indonesia, therefore the costumers would be more selective as to the brand of motorcycle that will be purchased, many considerations to be under taken consumers before deciding vto buy a product, for example the price of product quality and advertisting. This study aims to determine whether the variables in the purchasing decision, namely the brand image and advertising influence on purchase decisions of Honda Motorcycles and analyze the most dominant factor in influencing the purchasing decision Honda motorcycles. The population in this study is the people in the District Adipala. Samples taken as many as 150 respondents using the technique of Non-Probability Sampling with accidentalsampling approach, ie sampling technique based on chance, ie who happened to meet with the investigator can be sampled as it sees fit. Based on the result of the study, it was found the regression equation us follows : Y =3,053 + 0,005X1 + 0,815 X2, the most powerful independent variable was the advertising (0,815) and were followed by brand image (0.005). The hypothesis testing using t-test showed that independent variable (advertisting) have the positive impact to the dependent variable, that was the buying decision of Honda motorcycle in the district Adipala. The hypothesis testing using F-test showed that independent variable (brand image and advertisting) have the positive impact to the dependent variable, that was the buying decision of Honda motorcycle in the district Adipala. The implication, Honda Motorcycle Dealers must pay more attention to advertising because it is a factor which influenced the purchasing decisions of Honda motorcycles, the efforts made by advertising that much more. Keywords : Brand image, Advertising, Buying decision.